-->

Air Kapur Sirih



Sering ya..dalam beberapa resep makanan..menggunakan air kapur sirih teman2..nah..apakah air kapur sirih itu?..Air kapur sirih adalah endapan air dari kapur sirih yang di larutkan. Nah..kalau kapur sirih itu apaan?..Mungkin ada teman2 yang belum tau?..Baiklah..sedikit aku ulas ya..tentang di kapur sirih ini.

Kapur sirih..dalam bahasa Jawa sering di sebut juga *injet*..adalah kapur..yang bisa buat nginang ( makan sirih ) kalau buat orang jaman dulu. Dan ajaibnya..orang yang suka nginang dulu giginya awet lho..walaupun udah tua..hihi. Sirih..kapur sirih dan ubo rampe ( pelengkapnya )..juga merupakan salah satu sesajen di beberap upacara adat di Jawa. Kapur sirih ini bisa kita beli di pasar tradisional..di tempat orang biasa jual bunga..atau jamu2 an. 

Penggunaan kapur sirih di makanan udah di kenal dari jaman dahulu nenek moyang kita kalai ya..^^..seperti dalam pembuatan aneka keripik..umbi2an..dll..jika di rendam air kapur sirih dulu bahannya..hasilnya..akan lebih renyah. Seperti halnya keripik usus yang tadi ku buat..juga memakai kapur sirih untuk merendam ususnya. Selain untuk keripik..air kapur sirih biasa juga di gunakan untuk merendam buah2 an yang akan di buat manisan..supaya tekturenya tetep keras..nggak lunak..seperti manisan pepaya..dll. Dalam aneka jajanan tradisional..air kapur sirih juga sering di tambahkan..misal..dalam pembuatan klepon, mendut dari tepung ketan..dll..agar lebih kesat dan tidak terlalu liat. Ada lagi..ketupat...yang di rendam dahulu dengan air kapur sirih..akan lebih padat hasilnya. Asal dalam jumlah yang tidak berebih..air kapur sirih ini..tidak akan memperngaruhi..rasa makanan kok.

Untuk mendapatkan air kapur sirih, kita harus melarutkan kapur sirih dengan air, lalu di diamkan..dan di ambil airnya. Jadi..jika teman2 ketemu resep yang menggunakan air kapur sirih..nggak perlu takut dan ragu ya..udah biasa kok..buat makanan..semoga bermanfaat ya..sedikit infonya.

0 Response to "Air Kapur Sirih"

Posting Komentar

Silakan komentar dengan bijak, sopan, dan tidak berbau SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2