-->

Kering Kentang Bumbu Ebi


Kering kentang..salah satu lauk kering yang nggak pernah bikin bosan..banyak variasinya. Kalau yang dari Jawa barat ada kering mustafa yang di potong kecil2..yang resepnya udah pernah ku posting di SINI..nah...kalau versi Jateng sini kering kentangnya di iris aja lebar2 tipis..terus di goreng hingga kering dech...lalu di bumbu pedas manis biasa kayak kering lain. Bedanya..manisnya pakai gula merah..bukan gula pasir. Nah..untuk variasi..aku tambahkan ebi untuk bumbunya..ternyata jadi tambah enak dech rasanya..ada aroma2 ebinya.

Tips membuat kering kentang ini, pakai kentang yang bagus ya teman2, misal kentang tes yang warnanya kuning tuch bagus buat kering kentang..lebih kesat dan bisa kering dengan maksimal jika di goreng. Agar lebih renyah bisa di rendam dulu di air kapur sirih...sebelum di goreng. Air yang di gunakan untuk mencairkan gula juga jangan terlalu banyak, maksimal 100 ml aja..dan  setelah itu di masak hingga benar2 kental dengan bumbu2 lain sampai berambut, baru masukkan kentang gorengnya..jadi lebih baik jika gula merah disisir halus dulu sebelum di campur bumbu lain..jadi bisa cepat langsung lumer dech..tinggal tambahin bumbu lain, tunggu sampai benar2 kental, masukkan kentang gorengnya, terus di aduk2 sama kentang gorengnya sampai terselimuti bumbu. Biarkan hingga dingin, baru kemas di wadah tertutup..jadi dech menu lauk buat saur yang enak dan kriuk2..manis gurih.

Oke..selamat mencoba ya teman2..buat stock keringan saur nich...^^

Resep  Kering Kentang Bumbu Ebi
 
Bahan :
500 gram kentang
500 ml air , di campur 1 sendok teh kapur sirih, dan 1/2 sendok teh garam
Bumbu iris : 
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
Cabe merah 8 buah dan 2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan ebi, rendam air panas, sangrai, ulek halus
2 cm lengkuas
2 daun salam
125 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera )
Garam secukupnya
100 ml air dan  1 sendok teh air asam jawa
Cara Membuat :
Kupas dan cuci bersih kentang. Iris tipis tipis.
Rendam di air kapur sirih selama 15 menit. Tiriskan.
Goreng kentang hingga kering dan renyah.
Goreng juga bawang merah, bawang putih iris hingga kering, sisihkan.
Tumis cabai dan bawang putih halus hingga matang dan kering. Masukkan gula dan air asam, ebi halus dan bumbu lain. Aduk rata hingga mengental. Masukkan kentang goreng dan bumbu2 lain. Masak dan aduk rata hingga kental bersalut bumbu. Simpan di toples jika sudah dingin.

0 Response to "Kering Kentang Bumbu Ebi"

Posting Komentar

Silakan komentar dengan bijak, sopan, dan tidak berbau SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2